Ketua BNSP Hadiri Pertemuan Tahunan Konsil Asian Productivity Organisation - Accreditation Body

  • Kamis, 16/03/2023 21:03 WIB

Ketua BNSP, Bapak Kunjung Masehat didampingi Anggota BNSP, Ibu Tetty DS Ariyanto menghadiri Pertemuan Tahunan Konsil Asian Productivity Organisation - Accreditation Body 2023-2025 di Ulaanbaatar Mongolia.

Pertemuan yang dilaksanakan pada tanggal 15 – 16 Maret 2023 dihadiri oleh Bangladesh, India, Jepang, Mongolia, ROC, Srilangka, Turkey, VietNam, Pakistan (online), dan dari Indonesia diwakili oleh Ketua BNSP, Bapak Kunjung Masehat, sebagai salah satu anggota Konsil APO Accreditation Body. Pertemuan tahunan Konsil APO-AB, dipimpin oleh Bapak Indra Pradana Singawinata, Sekjen APO sebagai Chairman APO-AB.

Asian Productivity Organisation (APO) sebagai wadah organisasi yang membidangi produktivitas dengan anggota tersebar di 21 Negara termasuk Indonesia, pada tahun 2018 membentuk unit Akreditasi dalam Sekretariat APO bernama APO-AB. Mandat utama adalah menjalankan Flagship Program Akreditasi dan Sertifikasi.

Keberadaan BNSP untuk membantu pendirian APO-AB, pengembangan sistem sertifikasi termasuk pengembangan skema sertifikasi Green Productivity – GP 201 dan berbagi sumber daya dengan tujuan MRA.

Program ini bertujuan untuk memungkinkan Organisasi Produktivitas Nasional (NPO) menjadi Lembaga Sertifikasi (CB) pada skema yang terkait dengan spesialis produktivitas. Transformasi NPO menjadi CB diharapkan dapat mempercepat pengembangan spesialis produktivitas yang kompeten di seluruh negara anggota APO dan diharapkan mereka yang tersertifikasi dapat berkontribusi pada peningkatan produktivitas nasional di negara masing masing.

Sejak program ini ditetapkan, APO-AB telah mengakreditasi 4 NPO sebagai CB, yaitu Malaysia (MPC-CB:September 2021), VietNam (ViPro-CB:September 2021), Mongolia (MPO-CB: Desember,2022) dan Indonesia (PCAP: Februari,2023) dan dalam proses Pakistan.

Anggota BNSP bidang Kerjasama, Penjaminan Mutu, Hukum dan Umum, Tetty DS Ariyanto turut serta dalam Pertemuan Tahunan ini sebagai Technical Expert yang menyampaikan hasil kajian terkait dengan APO-AB rules and procedures, untuk selanjutnya di bahas di negara masing-masing sebelum di lakukan proses Penetapan dan Pemberlakuan. Bagi Indonesia, momentum ini sangat penting mengingat Tema APBN dan Rencana Kerja Pemerintah tahun 2023 adalah PRODUKTIVITAS.