BNSP - Halaman Konten
Informasi
Selasa, 15 Januari 2019 11:01:36

Memasuki tahun 2019 pemerintah mencanangkan tahun ini sebagai tahun peningkatan kualitas SDM. Menteri Ketenagakerjaan M. Hanif Dhakiri mengatakan peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) di Indonesia dapat menarik lebih banyak investasi. Selain itu, peningkatan SDM bisa memperkuat daya saing produk lokal.

"Kita harus dapat memastikan ketersediaan tenaga kerja berkualitas dengan memaksimalkan informasi pasar tenaga kerja, standar kompetensi kerja, akreditasi, dan Sertifikasi” demikian disampaikan oleh Menteri Ketenagakerjaan saat acara Rapat Koordinasi Pelatihan dan Produktivitas di Bali Beberapa waktu yang lalu.

            Di Indonesia sendiri sistem dan kebijakan sertifikasi kompetensi profesi, ditujukan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia pada berbagai segmen, seperti mereka yang sedang mengikuti dan lulus pendidikan formal dan pendidikan kejuruan, mereka yang mengikuti pendidikan dalam masyarakat (community education) yang jumlahnya sangat besar dimana mereka umumnya bekerja di sektor informal atau bekerja mandiri, mereka yang sedang bekerja di industri, yang karena kompetensinya yang rendah, tidak mampu mendapatkan fasilitas kerja layak (decent work), mereka yang sedang mencari pekerjaan di dalam negeri maupun untuk bekerja di luar negeri, keluaran/lulusan Pelatihan Kerja.

            Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) periode 2018 – 2023 yang dibentuk dengan Peraturan Pemerintah nomor 10 Tahun 2018 memiliki fungsi yang sangat strategis dalam pencapaian peningkatan kualitas SDM sebagai prioritas nasional yang dicanangkan oleh pemerintah. BNSP memiliki tugas dan fungsi sebagai berikut:

  1. Pelaksanaan dan pengembangan sistem sertifikasi kompetensi kerja.
  2. Pelaksanaan dan pengembangan sistem sertifikasi pendidikan dan pelatihan vokasi.
  3. Pembinaan dan pengawasan pelaksanaan sistem sertilikasi kompetensi kerja nasional.
  4. Pengembangan pengakuan sertifikasi kompetensi kerja nasional dan internasional.
  5. Pelaksanaan dan pengembangan kerja sama antar lembaga, baik nasional dan internasional di bidang sertifikasi profesi.
  6. Pelaksanaan dan pengembangan sistem data dan informasi sertifikasi kompetensi kerja yang terintegrasi.

Seperti yang disampaikan oleh ketua BNSP, Kunjung Masehat, Saat ini BNSP sedang berbenah untuk proses digitalisasi semua pelayanan, agar pelayanan menjadi mudah, murah, cepat dan transparan. Salam Kompeten.

Berita Terkini BNSP

17 Sep 2019
BNSP mengadakan acara Do'a bersama dalam rangka renovasi Gedung BNSP. Dengan menggelar doa bersama, diharapkan semua ...
16 Sep 2019
BNSP sebagai Otoritas Sertifikasi Kompetensi Kerja Nasional Indonesia diakui Kedutaan Swiss melalui Swiss Cooperation ...
11 Sep 2019
Silahkan klik link berikut untuk mendownload materi RAKOR BNSP LSP 2019 : DOWNLOAD MATERI ...

Berita Terkini LSP

10 Sep 2019
Pada hari ini Selasa, 10 September 2019 diladakan koordinasi Lembaga Sertifikasi Profesi tahun 2019, yang dibuka oleh ...
09 Sep 2019
Pengakuan Kompetensi Terkini, mulai ...
29 Agu 2019
Setiap peserta yang mengikuti skema sertifikasi diharapkan untuk mengisi kuesioner umpan balik pada link berikut: Umpan ...