Artikel

Monev Merupakan Momentum untuk Mengoptimalkan Tata Kelola Informasi Publik

BNSP - Jakarta, Jumat 10/6/22 - Kegiatan monitoring dan evaluasi (monev) PPID Tingkat I di lingkungan Kementerian Keuangan kembali dilaksanakan. Kegiatan dilakukan dalam dua tahap yaitu pengisian Self Assessment Questionnaire (SAQ) dan presentasi secara online oleh PPID Tingkat I. Rangkain kegiatan tersebut dimulai sejak bulan April s/d. Juni 2022, dan diikuti oleh 12 PPID Tingkat I di lingkungan Kementerian Keuangan.

Pembukaan tahap presentasi turut dihadiri oleh Ketua Komisi Informasi Pusat (KIP), Dr. Ir. Donny Yoesgiantoro, M.M., M.P.A. Ketua KIP, yang dalam sambutannya mengapresiasi kegiatan monev Kementerian Keuangan yang juga dikaitkan dengan persiapan monev Keterbukaan Informasi Publik Nasional. ”Saya berharap kegiatan ini berjalan dengan lancar dan menjadi momentum untuk mengoptimalkan tata kelola informasi publik dan menjadi inspirasi untuk badan publik lainnya, bahwa untuk menjadi badan publik yang informatif serta mempertahankannya, perlu persiapan dan evaluasi internal sebelum proses pelaksanaan monev oleh KIP”, ujar Ketua KIP.

Arahan kepada PPID Tingkat I juga diberikan oleh Atasan PPID Kementerian Keuangan, yang diwakili oleh PPID Kementerian Keuangan, Rahayu Puspasari. Dalam arahannya, petugas layanan informasi diminta agar mengubah mindset dari process base menjadi output dan outcome base, dengan proaktif memantau isu yang sedang menjadi perhatian publik.  Pelaksanaan monev dalam tiga tahun terakhir telah membuktikan bahwa banyak perubahan dan kemajuan yang terjadi dalam pengelolaan informasi di lingkungan Kementerian Keuangan.

Sama dengan tahun sebelumnya, pada kegiatan monev tahun ini, Kementerian Keuangan juga bekerja sama dengan Komisi Informasi Pusat dan praktisi di bidang keterbukaan informasi. Pelaksanaan kegiatan monev merupakan amanat Peraturan Komisi Informasi Nomor 1 Tahun 2021 tentang Standar Layanan Informasi Publik yang mengatur bahwa “Badan Publik wajib  melakukan monitoring, evaluasi, dan pembinaan pelaksanaan layanan Informasi Publik pada instansinya”. Selain itu, kegiatan monev merupakan bentuk komitmen dan kolaborasi PPID dan petugas layanan informasi di lingkungan Kementerian Keuangan untuk mewujudkan Kemenkeu Satu, Kemenkeu Tepercaya

Artikel dibuat pada : Saturday, 17 Sep 2022, 20:37